Persiapan Beli Rumah Baru dengan KPR Begini Tipsnya

Persiapan Beli Rumah Baru

Umumnya, proses mencari hunian baru membutuhkan wajtu yang relatif lama dan panjang. Hal tersebut karena para first time buyer sering mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang disebabkan oleh adanya rumor sulitnya proses yang harus dijalani. Karenanya, Anda perlu memahami berbagai tips mengenai persiapan beli rumah baru.

Artikel berikut akan membahas beberapa hal mengenai tips atau cara yang dapat Anda terapkan dalam upaya persiapan beli rumah baru. Informasi dan penjelasan lebih lanjut dapat Anda simak pada ulasan berikut.

1. Perbaiki Rekam Jejak Kredit

Persiapan beli rumah baru yang pertama dapat Anda terapkan adalah mulai memperhatikan dan memperbaiki rekam jejak kredit. Hal tersebut sangat penting untuk Anda lakukan sebelum mengajukan KPR. Salah satu caranya yaitu adalah menjaga pola pembayaran pada semua tagihan.

2. Jaga Alur Rekening

Persiapan beli rumah baru lainnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan tidak terlalu sering memindahkan uang antarrekening. Setidaknya, Anda perlu menjaga alur rekening Anda sekurang-kurangnya beberapa tahun sebelum Anda berencana membeli rumah dengan sistem KPR.

3. Pertimbangkan Besaran Uang Muka

Besaran uang muka atau DP sangat berpengaruh terhadap besarnya angsuran yang akan Anda bayarkan tiap bulan. Saat ini, Bank Indonesia (BI) telah memberikan kewenangan kepada pihak bank untuk menentukan besaran uang muka atau down payment (DP). Semakin besar DP yang Anda berikan akan memperkecil jumlah angsuran yang harus Anda bayarkan setiap bulan.

4. Rekam Jejak dalam Karir

Sebelum mengajukan KPR, Anda juga perlu memperhatikan konsistensi rekam jejak karir. Setidaknya Anda sudah bekerja selama dua tahun di satu perusahaan yang sama. Jika Anda sering berpindah kerja dengan status karyawan yang tidak menentu akan sangat mempengaruhi pe;luang diterimanya pengajuan KPR Anda oleh pihak bank.

5. Kenali Kondisi Keuangan

Ada baiknya bagi Anda untuk berkonsultasi dengan pihak bank sebelum benar-benar mengajukan KPR. Salah satu hal yang dapat Anda lakukan adalah dengan menghitung besaran DP dan cicilan per bulan yang perlu untuk Anda bayarkan.

6. Sisihkan Biaya untuk Membeli Isi Rumah

Selanjutnya, persiapan beli rumah baru yang dapat Anda lakukan adalah mulai menyisihkan biaya untuk membeli isi rumah. Karenanya, jangan menggunakan seluruh dana yang Anda miliki hanya untuk membayar DP dan angsuran KPR. Anda juga perlu memikirkan biaya untuk membeli isi rumah.

7. Baca Kontrak dengan Cermat

Anda juga perlu membaca kontrak pengajuan KPR secara cermat. Hal tersebut karena kontrak yang diberikan merupakan dokumen penting dari pihak bank maupun agen penjual rumah. Karenanya, segera tanyakan berbagai istilah yang mungkin tidak Anda pahami dengan jelas sesegera mungkin.

Demikian beberapa penjelasan mengenai persiapan beli rumah baru bagi Anda. Semoga artikel tersebut dapat membantu.

Wujudkan mimpi dan harapan Anda untuk memiliki hunian terbaik dengan harga terjangkau dengan mengunjungi Dua Berkat Property. Dua Berkat Property menyediakan berbagai jenis pilihan properti berkondep modern minimalis, lingkungan asri dan strategis, serta bebas banjir.

Untuk informasi lengkapnya, Anda dapat mengunjungi website Dua Berkat Properti dan mengunjungi Instagram Dua Berkat Properti disini.

About us

Even the all-powerful Pointing has no control about the blind texts it is an almost unorthographic life One day however a small line of blind text by the name of Lorem Ipsum decided to leave for the far World of Grammar. The Big Oxmox advised her not to do so.

More Post

Leave a Reply

Your email address will not be published.