Pilih KPR Syariah Bogor, Cek Keuntungannya Yuk!

KPR Syariah Bogor menguntungkan.

Rumah merupakan salah satu kebutuhan primer manusia dan harus dipenuhi demi keberlangsungan hidup. Namun untuk memiliki rumah tentu membutuhkan dana yang tidak sedikit, tergantung juga dari berbagai faktor. Dengan demikian, KPR Syariah Bogor bisa menjadi salah satu solusi bagi masyarakat yang memiliki dana terbatas namun ingin membeli rumah. Selain itu, perumahan lewat KPR Syariah Bogor juga memiliki lingkungan yang bagus.

Akan tetapi sebelum memilih KPR Syariah Bogor, perlu diketahui bahwa sistem pembiayaannya sudah sesuai syariat dan kaidah Islam. Skema-nya pun memiliki tenor yang lebih singkat dibandingkan KPR konvensional, serta tidak menerapkan sistem bunga.

Lalu, apa saja yang menjadi keuntungan dari KPR Syariah Bogor? Simak penjelasan berikut.

Perumahan KPR Syariah Bogor.
Ilustrasi KPR Syariah Bogor.

Keuntungan KPR Syariah Bogor

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, KPR Syariah Bogor berbeda dengan KPR konvensional dan keuntungannya adalah:

1.    Tidak Ada Bunga

KPR Syariah Bogor tidak menggunakan sistem bunga dan tentu saja menjadi salah satu keunggulan. Dengan tidak adanya sistem bunga, tentu hal itu menjadi solusi tepat bagi para debitur yang tidak ingin terjerat oleh porsi bunga yang besar.

Kemudian debitur juga langsung mengetahui jumlah tetap dari rumah sejak awal di KPR Syariah Bogor. Dan yang pasti, memilih KPR Syariah Bogor akan menghindarkan debitur dari riba yang sangat bertentangan dengan hukum Islam

2.    Tidak Ada DP atau Uang Muka

Keuntungan berikutnya dari KPR Syariah Bogor adalah tidak adanya DP (down payment) atau uang muka. KPR Syariah Bogor hanya mensyaratkan booking fee atau uang tanda jadi sebagai kesepakatan dan komitmen pembeli. Dengan membayar booking fee, maka debitur bisa langsung memilih hunian yang diinginkan.

3.    Menggunakan Dua Jenis Akad

Ada dua jenis akad KPR yang populer dan umum digunakan di Indonesia, yaitu akad Murabahah (Jual Beli) dan Musyarakah Mutanaqisah (Kepemilikan Bertahap). Murabahah merupakan istilah dalam sistem perbankan syariah, dimana perjanjian jual-beli dilakukan oleh bank dan nasabah. Penjelasannya, akad Murabahah yaitu bank syariah akan membeli barang yang dibutuhkan nasabah seperti rumah, lalu menjualnya kembali ke pihak nasabah dengan harga yang sebenarnya.

Sementara itu, akad Musyarakah Mutanaqisah memiliki alur pihak bank memberi penawaran kerja sama atau bagi hasil antara bank dan nasabah. Caranya, nasabah dan pihak bank membeli rumah dan biaya yang dikeluarkan oleh masing-masing pihak sesuai dengan kesepakatan. Namun perlu diingat bahwa tenor KPR Syariah Bogor biasanya antara 5 dan 10 tahun saja.

Simulasi KPR Syariah Bogor

Untuk memberi gambaran serta kemudahan dalam menghitung KPR Syariah dengan akad Murabahah, rumusnya adalah:

((harga beli bank x (keuntungan bank x tenor) + harga beli bank) : bulan tenor)

Sebagai contoh, jika ingin membeli rumah seharga Rp500 juta dengan tenor 15 tahun, simulasi perhitungannya adalah:

(500.000.000 x ([5% x 15]) + 500.000.000) : 180 bulan

Itulah simulasi perhitungan bagi Anda yang ingin mengajukan KPR syariah akad Murabahah. Dan seperti yang sudah disebutkan bahwa tidak ada biaya bunga dan sifat pembayarannya bersifat flat alias tidak ada kenaikan atau penurunan selama masa cicilan.

Jadi, apakah Anda tertarik ingin membeli rumah dengan KPR syariah dengan segudang keuntungannya dan tentunya terhindar dari riba? Nah, bagi Anda yang ingin mendapat informasi lebih lanjut tentang KPR syariah terutama KPR Syariah Bogor, Anda bisa klik https://galaxy-duaberkatproperty.com/.

About us

Even the all-powerful Pointing has no control about the blind texts it is an almost unorthographic life One day however a small line of blind text by the name of Lorem Ipsum decided to leave for the far World of Grammar. The Big Oxmox advised her not to do so.

More Post

Leave a Reply

Your email address will not be published.