Cara Cek Harga Pasaran Rumah Sesuai Lokasinya

Cara Cek Harga Pasaran Rumah

Bagi Anda yang memiliki hunian dan berniat untuk menjualnya, ada baiknya untuk lebih dulu mengetahui harga pasaran rumah saat ini. Terdapat beberapa cara cek harga pasaran rumah yang dapat Anda lakukan untuk mengecek harga pasaran rumah sesuai dengan lokasinya.

Artikel berikut akan membahas beberapa hal mengenai cara cek harga pasaran rumah yang dapat memudahkan Anda untuk melakukan transaksi penjualan properti atau hunian. Informasi dan penjelasan lebih lanjut dapat Anda simak pada artikel berikut.

1. Ketahui Harga Tanah

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk cara cek harga pasaran rumah adalah mengetahui kisaran harga tanah. Caranya, lakukan survei di lingkungan sekitar dengan mencari informasi pada pihak kelurahan dan bank.

Anda juga dapat mengetahui kisaran harga tanah dengan menghitung Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) yang ada pada struk pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Meskipun demikian, cara ini hanya dapat digunakan sebagai pembanding.

Misalnya, diketahui kisaran harga tanah adalah Rp1 juta per meter, maka total jumlah keseluruhan adalah Rp 1 juta x 550 m² = Rp 550 juta.

2. Hitung Harga Bangunan Rumah

Setelah mengetahui harga tanah, selanjutnya Anda perlu mengetahui harga bangunan rumah. Umumnya akumulasi dari biaya pembangunan telah disesuaikan dengan kisaran harga saat ini. Misalnya, suatu bangunan memiliki luas 500 m2 dan per m2 memiliki kisaran harga Rp 2 juta, maka jumlah total biaya bangunan rumah tersebut adalah Rp 1 miliar dari hasil perhitungan Rp 2.000.000 x 500 m².

3. Taksir Harga Keseluruhan

Setelah mengetahui harga tanah dan harga bangunan rumah, cara cek harga pasaran rumah yang selanjutnya perlu Anda lakukan adalah menghitung kisaran harga rumah berdasarkan NJOP dari PBB. Acuan yang digunakan untuk menentukan harga jual adalah harga pasar yang memiliki nilai lebih tinggi dibandingkan NJOP.

Contoh penghitungannya adalah sebagai berikut.

Tentukan terlebih dahulu harga tanah dengan rumus: NJOP tanah x luas tanah. Misalnya, NJOP senilai Rp 600 ribu per m² x 550 m² = Rp 330 juta.

Selanjutnya, harga bangunan dapat ditentukan dengan rumus: NJOP bangunan x luas tanah. Misalnya, NJOP senilai Rp 400 ribu per m² x 500 m² = Rp 200 juta.

Dengan demikian, harga rumah kamu berdasarkan NJOP adalah Rp 330 juta + Rp 200 juta = Rp 530 juta.

Demikian beberapa penjelasan mengenai cara cek harga pasaran rumah bagi Anda. Semoga artikel tersebut dapat membantu.

Wujudkan mimpi dan harapan Anda untuk memiliki hunian terbaik dengan harga terjangkau dengan mengunjungi Dua Berkat Property. Dua Berkat Property menyediakan berbagai jenis pilihan properti berkondep modern minimalis, lingkungan asri dan strategis, serta bebas banjir.

Untuk informasi lengkapnya, Anda dapat mengunjungi website Dua Berkat Properti dan mengunjungi Instagram Dua Berkat Properti disini.

About us

Even the all-powerful Pointing has no control about the blind texts it is an almost unorthographic life One day however a small line of blind text by the name of Lorem Ipsum decided to leave for the far World of Grammar. The Big Oxmox advised her not to do so.

More Post

Leave a Reply

Your email address will not be published.